Water Tank untuk Palestina: Bukti Cinta KAMIL dan ACT

  • 1

Water Tank untuk Palestina: Bukti Cinta KAMIL dan ACT

Category : Eksternal , News

Permasalahan yang dialami Palestina, juga merupakan permasalahan bagi umat Islam di seluruh dunia. Bagaimana tidak, Palestina merupakan tanah waqaf umat Islam yang di sana terdapat Al-Masjid Al-Aqsha.  Konflik berkepanjangan yang terjadi di Palestina ini telah menyebabkan 2.5 juta penduduk Palestina menderita dan sangat membutuhkan bantuan untuk dapat bertahan hidup.

Melihat hal tersebut, Keluarga Mahasiswa Islam (KAMIL) Pascasarjana ITB bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), melakukan penggalangan donasi pada khalayak untuk turut membantu Palestina. Donasi yang terkumpul mencapai 11 juta rupiah yang kemudian diserahkan kepada ACT untuk disalurkan langsung ke Palestina, khususnya dalam program Water Tank ACT.

Water Tank ACT merupakan salah satu program bantuan untuk menyuplai air bersih bagi warga Gaza. Program ini didasarkan pada fakta bahwa, sekitar 90% dari air Gaza terkontaminasi limbah industri Mesir dan Israel. Kadar salinitas dan polusi di air yang mengaliri kota Gaza membuatnya tidak layak guna dan tidak layak minum. Alternatif dari air berlimbah itu adalah air minum kemasan yang dijajakan dijalanan. Tingginya tingkat permintaan membuat harga air minum kemasan melambung. Akibatnya, banyak warga Gaza yang tidak mampu membelinya.

Melalui Water Tank ACT, pendistribusian air bersih difokuskan pada lokasi-lokasi strategis dipemukiman warga. Juga fasilitas umum, seperti sekolah, masjid, panti asuhan, dan klinik. Dengan kolaborasi KAMIL, Water Tank ACT mendistribusikan 7.000 liter air perhari menyusuri Gaza city, North Gaza Governerate, Khanyounis, Middle area Governerate dan juga Rafah selama 4 hari.

Warga Gaza sangat antusias dan menanti kedatangan Water Tank ACT. Alhamdulillah, mereka sangat bersyukur mendapatkan air bersih yang dapat digunakan untuk minum, memasak hingga berwudhu. Senyum mengembang dari wajah anak-anak penerima manfaat. Bahagia terasa, tatkala segarnya air bersih menghilangkan dahaga mereka yang tengah dirudung nestapa.

Masya Allah. Barakallah. Semoga Allah selalu melindungi saudara-saudara kita di Palestina dan memudahkan kita untuk dapat membantu mereka. Wallahul Musta’an.

Penulis: Zarah


1 Comment

Jasmin Olivia

August 18, 2018 at 8:11 pm

Di momentum hari kemerdekaan tahun 2018 ini saya juga ingin menyatakan pendapat bahwa Indonesia memang sudah 73 tahun merasakan kemerdekaan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk Palestina yang masih terjajah? Ditambah lagi kondisi diperparah dengan pengakuan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump terhadap Yerusalem (Baitul Maqdis) sebagai Ibu Kota Zionis-Israel.

Dunia sedang menunggu peran besar dari bangsa yang memiliki jumlah pemeluk Islam terbesar di dunia ini. Mari melanjutkan kontribusi para pendiri bangsa untuk Palestina.

Leave a Reply

Pencarian

Kalender

September 2018
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com