My Pinky Guest

  • 0

My Pinky Guest

Category : Home

View post on imgur.com

BANDUNG – Menjadi seorang muslimah merupakan karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala, yang dalam menjalankan kodratnya sebagai wanita banyak hal yang harus dipahami agar dapat menyempurnakan ibadah yang dikerjakannya. Wanita memiliki suatu periode dimana diharamkan baginya menjalankan ibadah seperti shalat dan puasa, yakni pada saat mengeluarkan darah kotor, dan hal tersebut terjadi setiap bulannya. Pembahasan mengenai fiqh darah wanita (haid, nifas, dan istihadhah) merupakan pembahasan yang cukup sulit dan masih banyak wanita yang keliru dan bertanya-tanya untuk membedakan ketiga jenis darah ini, apalagi keadaan pada setiap wanita memiliki perbedaan satu sama lain.

Melihat urgensi tersebut, Departemen Kemuslimahan  Keluarga Mahasiswa Islam Pascasarjana (KAMIL) ITB 2018, menggelar acara Cakrawala yang ke-2 pada Jum’at, 20 April 2018, dengan mengusung tema My Pinky Guest” Fiqh Darah Wanita : Haid, Nifas dan Istihadhah. Bertempat di GSG Masjid Salman ITB, KAMIL mengundang Ustadzah Masitoh, Lc. M.Pd.I yang merupakan pengajar di Ma’had Al Imarat Bandung sebagai pembicara.

Acara ini dihadiri  para muslimah dari berbagai kampus di Bandung dengan jumlah yang cukup banyak yakni 82 orang, apalagi dalam pembahasan Ustadzah Masitoh, beliau mengatakan bahwa fardhu ‘ain hukumnya bagi seorang wanita yang sudah baligh untuk menuntut ilmu mengenai fiqh darah wanita ini.

Dimulai pada 16.30 WIB setelah sesi tilawah, Ustadzah lulusan Universitas Al-Azhar Kairo ini mengupas tuntas mengenai ketiga jenis darah wanita yakni Haid, Nifas dan Istihadah menurut beberapa mazhab dan kiat-kiat dalam mengenal dan membedakan jenis darah tersebut. Beliau juga memaparkan ibadah apa saja yang dilarang bagi wanita yang tengah mengeluarkan ketiga jenis darah tersebut beserta hal yang diperbolehkan. Meskipun tergolong materi yang sulit, tetapi beliau membawakan materi dengan santai dan jelas sehingga mudah dipahami oleh para peserta.

Di penghujung acara, diadakan sesi tanya jawab bagi 6 orang peserta. Pertanyaan yang diajukan pun cukup beragam, mulai dari darah setelah mengalami keguguran, periode haid yang tidak teratur, keputihan hingga mandi wajib. Terakhir, acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada 3 penanya pertama dan kenang-kenangan untuk Ustadzah Mashito.

Penulis : Zarah Arwieny Hanami


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

August 2018
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com