Category Archives: Home

  • 0

Muslimpreneur 4.0 Goes to Jannah

Notulensi Materi Syiar Cinta Kamil 6 Oleh Departemen Syiar dan Akpro Kamil “Muslimpreneur 4.0 Goes to Jannah” oleh Kang Agung Ardian (Inspirator, Pengusaha) dan Pak dr. Andyka (Inspirator, Pengusaha Muda) bit.ly/joindoasekarang


Bismillahirrahmanirrahim

“Menerapkan Dasar Kerja Creativepreneur Menuju Millenials yang Bertaqwa” Kang Agung Ardian

Jiwa Entrepreneurship dan Intrapreneurship

Jika ada yang bertanya mending kerja atau usaha? Keduanya tidak ada yang salah maupun benar, disinilah pentingnya intrapreneurship, bekerja tetapi berpikir layaknya pengusaha. Pengusaha menyelesaikan tugas dari klien, sedangkan pekerja menyelesaikan tugas dari jobdesc yang ada. Perlu diingat bahwa semakin baik kualitas diri maka akan semakin dihargai perusahaan. Lalu semakin baik kontribusi kita, akan semakin dihargai keberadaan kita.

Terdapat 3 Alasan Utama Mengapa Perlu Memilih Menjadi Pengusaha :

  1. 7 dari pintu rezeki itu salah satunya berdagang
  2. Memberikan kesempatan bekerja bagi oranglain
  3. Berdakwah, punya keunggulan wewenang yg lebih besar

Pengusaha VS Pekerja

Saat menjadi seorang pengusaha maka kita mempunyai keleluasaan untuk membuat suatu kebijakan yang mudah2an berdampak baik. Buatlah peraturan agar oranglain terbiasa beribadah. Dan jangan sekali-kali menjadikan uang sebagai patokan kebahagiaan kita.

“Mungkin uang kita berbeda tapi hak kita untuk bahagia itu sama” (Kang Agung Ardian)

Rasulullah SAW tidak mencontohkan untuk bermewah-mewahan tetapi seorang muslim berhak untuk memilikk kendaraan terbaik, rumah yang luas. Muslim harus nemiliki harga diri, kuat dan tidak bergantung kepada apapun kecuali Allah SWT. Meski begitu kita harus mengetahui angka cukup kita, ketika kita telah mencapai angka cukup kita, maka disitulah peran kita untuk berdakwah. Namun jika belum tercapai maka  janganlah bersedih karena standarnya bukan uang. Jangan biarkan diri merasa tidak berguna, dan berpikir tidak punya keunggulan.

Firman Allah SWT dalam QS. Yunus : 60 artinya “Apakah dugaan orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah pada hari kiamat? Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukuri(nya).”

Jangan pernah merasa kerdil karena Allah telah melimpahkan karuniaNya namun seringkali kita tidak bersyukur.Jika kita merasa bingung harus memulai dari mana? Mulailah dari yang mudah dan sederhana.Kemudian lakukan apa yang kamu ketahui maka Allah akan mmberitahu apa yang tidak kamu ketahui.

Sesi Tanya-Jawab

Sesi diskusi dan Tanya jawab bersama Pak dr. Andyka

Pertanyaan :

“Pengusaha sukses itu biasanya banyak melalui pengalaman pahit, saya takut untuk melewati fase itu, saya takut melangkah padahal didepan saya banyak potensi yang bisa saya lakukan tetapi saya takut, bagaimanakah cara agar dapat menghilangkan ketakutan itu?”

Jawaban :

Pak dr. Andyka :

Cara pertama menjadi pengusaha sukses ialah dengan menikahi pengusaha sukses, hehe bercanda. Begini, wajar manusia punya rasa takut, dulu saya punya hutang 2M, kenapa saya punya hutang? Jawabannya karena saya riba, jauh dr Allah, saya blm hijrah, anak gaul jakarta, mindset bisnis hanya bagaimana caranya biar dapat untung banyak. Ubahlah mindset bisnisnya hanya karena Allah (dr. Andyka). Jangan takut jika ada Allah, kalaupun saat usaha punya hutang, jangan takut karena itu ujian dr Allah.

Dalam Hadits Qudsi diterangkan bahwa “Bukankah Allah adalah sebagian dari prasangka hambaNya”

Rubah mindsetnya asalnya “kenapa saya?” menjadi, “Terima kasih Allah karena telah memilih saya, saya diuji karena akan menjadi milyarder”

Berani adalah tetap melangkah, tetap melakukan, tetap bertindak walaupun anda punya rasa takut, tidak mempedulikan “jangan-jangan” yang ada. Kalau kita gak punya Allah akan banyak “jangan-jangan” yang lain. Niatkan bisnis hanya untuk Allah.

QS 47 : 7 “Wahai orang-orang yang beriman, bantu agama Allah, mislim itu harus kaya, harus gagah, sikapnya yang sederhana (izza), tolonglah agama Allah maka Allah akan menolong agamamu, jika menemukan kesulitan itu Allah sedang menguji dan Allah akan berikan pertolongan.

Kang Agung Ardian :

Agar tidak mudah takut dan menjadi lebih berani ialah dengan mempersiapkan semaksimal mungkin usaha yang bisa dilakukan. Takut miskin? Emang pernah kaya? Mulai aja dulu

Pertanyaan :

“Apakah lebih baik fokus satu jenis produk sampai berkembang dan menghasilkan?”

Jawaban :

Pak dr. Andyka :

  • Temukan alasan kenapa pengen jadi pengusaha
  • Pembeda orang sukses dan halal adalah bagaimana cara memperlakukan waktu luangnya. Orang sukses menggunakan waktu luangnya untuk bisnis, membangun aset. Tidak ada yang salah dengan profesimu, apapun profesimu akan salah jika jauh dr Allah SWT.
  • Mulai dari yg kecil dulu, dengan begitu kita bisa mengetahui produk mana yang laku di pasaran (riset pasar).
  • Temukan bisnis apa yg cocok buatmu, cara menemukan bisnis ialah :
  1. Berasal dari problem masyarakat
  2. Siapa yg diajak kerjasama
  3. Apa yang mau kita jadikan bisnis, masalah apa yang belum terselesaikan

Kang Agung Ardian :

Jangan terlalu mengkhwatirkan sesuatu yang belum terjadi, tanggung saja resiko sesuai yang bisa kita tanggung, jangan mementingkan gaya hidup.

Pertanyaan :

“Bagaimana caranya agar dapat sevisi dengan rekan kerja?”

Jawaban :

Kang Agung Ardian :
Selalu berusaha untuk membicarakannya terlebih dahulu sebelum bertindak. Ketika ada problem lihat dari sudut pandang kedua pihak. Sebelum mengambil keputusan tegas, lihat dulu keunggulan orang tersebut, kalau menghambat jangan segan meninggalkan

Pak dr. Andyka :

  • Jadi pengusaha harus punya standar tentang orang yang akan diajak menjadi tim. Buat list kriteria rekan kerja seperti apa yang kita inginkan
  • Sebelum menerapkan kriteria bagi oranglain, lakukan hal tersebut pada diri sendiri
  • Jangan baperan, rules of the game harus jelas dan disepakati dari awal

Pertanyaan :

“Bagaimana agar dapat bangkit dari keterpurukan keadaan perusahaan setelah mengalami kerugian, agar tidak merasa terbebani dan merasa bersalah kepada karyawan atas keadaan yang ada”

Jawaban :

Kang Agung Ardian :
Dalam hidup 90% ada dibawah kendali kita, dan 10% diluar kendali kita (Steven Coffee)

Fokus pada hal yang bsa kta kendalikan, saat menghadapi saat sulit pasti ada hikmahnya. Kita mesti kenal hal apa yang ada dibawah kendali kta dan apa yang engga.

“Kalau mimpi kita besar jangan berpikir kita ujiannya sedikit, semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang anginnya”

Pak dr. Andyka :
Komunikasikan permasalahan perusahaan dengan karyawan, mereka harus paham, bahwa sdg ada masalah di perusahaan, jangan sampai kita terlalu memikirkan oranglain, sehingga lupa untuk memikirkan diri sendiri. Saat menemui kesulitan, selamatkan diri sendiri dahulu agar kita bisa membantu orglain.

QS 25:70 “Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Masalahnya kita masih punya dosa, maka dari itu ada kendala. Syarat terbebas dari kendala adalah :

  • Taubat, beristighfar sebanyak-banyaknya (Rasulullah SAW beristighfar minimal 100x/hari)
  • Meyakini apa yg baik datang dari Allah, apabm yg buruk datangnya dari kita. Biasakan tutup hari dengan mengerjakan sholat taubat sebelum tidur
  • Amal sholeh, sedekah yang banyak, bantu dengan harta dan tenaga

Editor : Mentari Kasih


  • 0

Singlelillah Menjemput Jodoh Impian (AKU, KAU, dan KUA)

NOTULENSI SYIAR CINTA KAMIL 2 Oleh Departemen Syiar KAMIL Pascasarjana ITB
Narasumber: Annisa Rahma dan Anandito


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.” (HR.Bukhari : 52)

Pada kesempatan diskusi syiar cinta kamil, Annisa Rahma yang dikenal sebagai mantan personel girlgrup bersama suami Anandito bercerita proses berhijrah dan mendapat jodoh impian. Annisa membagikan tips proses hijrah, kuy simak.

Tips Annisa Rahma saat proses hijrah:

  1. Memperbanyak ibadah sunah
  2. Memperbanyak sedekah
  3. Memperbanyak amalan lain yang baik dan bermanfaat
  4. Memperbaiki diri menjadi lebih baik agar di dekatkan yg lebih baik pula
  5. Selalu yakin dan percaya bhwa skenario Allah itu lebih baik
  6. Memperbanyak ilmu agama

Proses hijrah tentunya tidak mudah, seringkali kita jadi lalai apalagi kalau merasa sedang sendiri. Seakan-akan tidak ada yang mengawasi. Berikut tips dari teh Annisa Rahma agar selalu istiqamah dalam kesendirian:

  1. Siap untuk mengorbankan keinginan duniawi
  2. Mencari teman shaleh dan shalehah dengan bergabung ke komunitas islam dan mengikuti kajian2
  3. Jangan melihat lagi kebelakang
  4. Menjaga input yg masuk ke otak dengan hal yg bermanfaat
  5. Menjaga pandangan

Dalam kesempatan ini, Annisa dan Anandito menceritakan bagaimana proses hingga keduanya mantap untuk menikan. Anandito membagikan cerita saat mempersiapkan diri untuk melamar Annisa, dan berikut adalah tips persiapan untuk melamar (uuuh):

  1. Mencari tahu tentang calon pasangan melalui orang terdekat dan konsultasi dengan ustadz
  2. Pantaskan dan persiapkan diri terlebih dahulu
  3. Berkonsultasi dengan orang tua dan meyakinkan orang tua
  4. Mengajukan cv sebagai proposal awal untuk mengajak ta’aruf melalui murabbiah
  5. Selalu melakukan istikharah agar dimantapkan dan diyakinkan oleh Allah mengenai pilihan kita
  6. Menargetkan waktu taaruf jangan terlalu lama agar terhindar dari fitnah dan godaan2 syaitan

Kalau sudah siap untuk melamar, tapi gimana yah biar kita bisa yakin dengan calon pasangan kita?. Anandito juga berkesempatan membagikan tips agar yakin dengan calon pasangannya:

  1. Memperbanyak sedekah
  2. Memperbanyak istighfar
  3. Yakin kepada Allah bahwa pilihan tersebut adalah pilihan terbaik yang Allah siapkan
  4. Pasrahkan kepada Allah
  5. Bermuhasabah kepada Allah
  6. Khusyuk saat beribadah kepada Allah
  7. Lihat sikapnya kepada keluarganya terutama ibunya
  8. Cinta itu tdk dinyatakan tapi dengan komitmen kepada pasangan

Tidak hanya Anandito yang memiliki kiat-kiat untuk yakin dengan calon pasangan. Teh Annisa Rahma juga membagikan ceritanya dapat yakin menerima kang Anandito, berikut adalah tips agar yakin dengan calon pasangannya ala Teh Annisa:

  1. Lihat caranya menjaga pandangan
  2. Meyakinkan orang tua
  3. Shalat istikharah meminta petunjuk Allah
  4. Bismillah dan yakin bahwa itu adalah ketentuan Allah
  5. Pantaskan dan persiapkan diri

Kalau sudah sama-sama mantap, inilah saatnya menuju penyempurnaan separuh agama. Menuju penikahan yang sakral tentunya seringkali bikin deg-deg-an, ternyata ada loh amalan-amalan baik yang bisa dilakukan jelang pernikahan. Annisa dan Anandito membagikan tips amalan yang perlu dilakukan saat ingin menikah:

  1. Memperbanyak Istighfar (fungsi dari istighfar itu selain menghapus dosa, rezeki dan jodoh juga bisa didekatkan)
  2. Memperbanyak Sedekah
  3. Memperbanyak Ibadah sunah
  4. Melakukan shalat Istikharah secara terus menerus
  5. Jangan terlalu berharap kepada makhluk tapi dekatkan diri pada Allah dan berharaplah kepada Allah
  6. Perbanyak Shalat tahajud
  7. Membuka pintu maaf untuk orang lain
  8. Meminta maaf kepada orang lain atas kesalahan yang pernah kita perbuat
  9. Berbuat baik kepada orang tua sehingga orang tua akan memberikan izin
  10. Memerbanyak mengingat Allah dengan berdzikir
  11. Usahakan untuk terus istiqamah

Bismillah, atas izin Allah semoga amalan tersebut dapat menguatkan keyakinan dan menenangkan hati menjelang pernikahan ya.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai kurma dari harta yang baik dan Allah tidak menerima kecuali dari yang baik, sesungguhnya Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya kemudian akan mengembangkannya untuk pelakunya sebagaimana salah satu dari kalian mengembangbiakkan ternakknya sampai seperti gunung.”” (HR. Bukhari)

Terakhir nih, untuk para single jangan khawatir. Kalau kalian ingin segera dipertemukan dengan jodohnya selain tentunya berikhtiar juga dengan memanjatkan doa. Berikut adalah Doa meminta jodoh

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

(Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin)
“Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.”
Semoga Allah mempertemukan kita dengan jodoh terbaik, Aamiin.

Editor : Mentari Kasih


  • 0

Bicara Perkara Wanita Shaliha : Al-Ummu Madrasatul Ula

Notulensi Cakrawala 3, Oleh Dept. Kemuslimahan Kamil, “Al-Ummu Madrasatul Ula” bersama Teh Karina Hakman


Cakrawala 3 menghandirkan Teh Karina Hakman pendiri komunitas Homeschooling Rabbani serta seorang istri dan ibu dari 3 anak homeschooler. Dalam kesempatan tersebut Teh Karina mencoba menguraikan seperti apa tantangan, cita serta peran muslimah dalam pendidikan khususnya sebagai seorang ibu. Dalam pertemuan cakrawala sebelumnya kita telah diberikan kiat menjadi pendamping dunia dan akhirat, maka dalam kesempatan ini muslimah diajakan untuk membuka mata mengenai tantangan dalam pendidikan anak bagi calon ibu kelak atau barangkali yang sedang menikmati rasanya menjadi orang tua. Kita telah mengenal peran wanita sebagai istri maka selanjutnya mempelajari peran muslimah sebagai ibu.

Sebuah syair Arab menuliskan “Al-ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.” Memiliki arti Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Tantangan

Hidup di era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang pesat. Informasi mengalir deras serupa air terjun yang berpasrah pada gravitasi, tunduk atas perinta tuhannya. Memberikan sejumlah kemewahan melalui serangkaian kemudahan tapi salah langkah kemudharatan menghantui. Seiring berkembangnya zaman, muslimah masa kini mau tidak mau harus menemui sejumlah tantangan dalam mendidik anak, diantaranya :

  1. Gadget

Penggunaan internet secara global rata-rata 6 jam, sedangkan di Indonesia pengguna internet rata-rata 8 jam. Begitu juga dengan penggunaan gawai, secara umum Indonesia lebih tinggi dalam penggunaan gawai dibandingkan penggunaan rata-rata secara global. Ketergantungan dengan gawai dan internet seringkali menjadi permasalahan bagi para ibu. Ketergatungan mempopulerkan gerakan tutup mulut alias diam seribu bahasa pada anak saat berada di rumah. Dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari penggunaan gawai ini ialah kesehatan mental anak yang terganggu. Anak menjadi lebih mudah marah, depredi dan kurang motivasi untuk bergerak dan belajar. Selain itu, efek negatif pada orang dewasa ialah kurang beretika, rentan anxiety dan kecanduan. Dampak lain yang mungkin ialah tumbuh kembang otak anak menjadi tidak dapat berkembang secara natural.

  1. Makanan

Makanan menjadi faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Diketahui bahwa kasus stunting disebabkan karena kekurangan gizi seimbang pada anak dapat diakibatkan karena banyak faktor. Stunting merupakan kondisi gizi kronis yang menyebabkan gagalnya pertumbuhan tubuh dan otak pada anak dibandingkan dengan anak seusinya, diantara faktor penyebabnya adalah :

  • Ekomoni terbatas
  • Kurangnya pengetahuan
  • Pola asuh yang tidak optimal
  • Menyerahkan pengasuhan pada ART tanpa kontrol yang baik
  1. Film dan Musik

Zaman sekarang ramai tontonan yang tidak layak untuk anak-anak Indonesia seperti adegan percintaan yang mendekati zina sudah menjadi hal lumrah yang dipertontonkan.

  1. Pendidikan

Tantangan dalam pendidikan dapat dikategorikan berdasarkan materi pendidikan, kesalahan klasifikasi umur serta penilaian. Dari segi materi pendidikan, perkembangan pendidikan ditumpangi oleh motif “equality” yang menyuarakan opini kesetaraan gender (feminisme) hingga LGBT. Sementara dalam klasifikasi umur dalam islam dikenal pembagian akil dan baligh. Akil berhubungan dengan cara berpikir maupun mampu dalam menampung beban sementara baligh berhubungan dengan fisik. Sebagai contoh seorang wanita baligh ketika telah haid. Berdasarkan sisi penilaian, semestinya penilaiantidak hanya sekedar penilaian akademik, lulus ujian dan masuk perguruan tinggi negri namun harus lebih dari itu.

  1. Akhir Zaman

Tantangan umat Nabi Muhammad pada akhir zaman sangatlah berat yakni fitnah dajjal yang sudah mulai dirasakan.

Cita-Cita

Apa sesungguhnya cita-cita pendidikan anak dalam Islam? Hendaknya cita-cita tersebut adalah akhirat. Berikut adalah cita-cita mendidik anak dalam Islam :

  1. Ikhlas (QS. Luqman :13-15)

Dalam Islam, fokus utama mendidik anak adalah bagaimana anak dapat tumbuh untuk mencari ridha Allah bukan manusia.

  1. Ihsan (QS. Luqman : 16)

Ihsan adalah sikap merasa bahwa Allah melihat kita tidak ada sekecil apapun perbuatan yang luput dari perhatian Allah. Hendaknya anak kita tumbuh dengan sifat ihsan tersebut.

  1. Sholat (QS. Al-Baqarah : 45)

Kita ingin menjadikan anak-anak yang mendirikan sholat.

  1. Amar Ma’ruf Nahi Munkar ( QS. Luqman : 16)

Mencetak anak-anak yang mengajak kepada kebenaran dan mencegah dari kemaksiatan

  1. Sabar (QS. Luqman : 16)

Sabarlah atas segala rintangan dalam berjalan pada agama Allah

  1. Tawadhu

Mendidik anak agar rendah hati dan tidak sombong

  1. Dzikrullah dan Syukur (QS. Luqman : 20-21)

Mendidik anak kita agar senantiasa bersyukur kepada Allah dan berdzikir kepadaNya

  1. Bertaqwa (Al-Furqon : 74)

Setelah melewati cita-cita diatas, semua itu akan bermuara menjadi insan yang bertaqwa.

Mari renungkan kembali, apakah cita-cita tersebut berlebihan?

“Sibukkanlah dengan perkara-perkara besar, maka perkara kecil takkan membuat risau”. Berjuanglaj untuk kedudukan di mata Allah yang belum pasti, maka kedudukan dan rezeki yang telah tetao takkan lagi menggalaukan hati”

Peran Muslimah

Bagaiman supaya kita ikhlas dan bersungguh-sunggu semampuny menjalani peran muslimah sebagai anak, istri dan ibu dalam keluarga. Juga, sekaligus menjadi agent and direcctor of change dalam tatanan masyarakat. Menjadi wanita terbaik bukan perkara menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir melainkan wanita yang bertaqwa dan bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana caranya?

  1. Love Relationship, Engage

Bangunlah ikatan hati yang kuat dengan anak

  1. Role Model

Jadilah teladan bagi anak. Setiap ibu dan ayah adalah para Da’i, minimal bagi anaknya. Apabila ingin menjadikan anak yang cinta Qur’an, maka jadilah orang tua yang cinta Qur’an terlebih dahulu

  1. Proposional, Be Wise

Bertahaplah dalam melakukan sesuatu

  1. Hope, Ask Allah

Kita tidak sempurna, maka senantiasa bertawakal kepada Allah

  1. Patient, Be Grateful

Senantiasa bersabar, Sesunggunya hanya orang-orang yang bersabar yang dicukupkan pahal mereka tanpa batas (QS Az-Zumar : 10).

Narasumber : Karina Hakman
Penulis : Sutra Eci Hutari
Editor : Wuddan Nadhirah Rodiana dengan sedikit perubahan oleh Mentari Kasih

 


Pencarian

Kalender

February 2020
M T W T F S S
« Dec    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
242526272829  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com