• 0

Opini: Revolusi Industri 4.0 dan Pengaruhnya Pada Sistem Pendidikan

Tags :

Category : Akpro

 

Sumber : https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2017/11/19/34/1258759/era-industri-4-0-dimulai-insinyur-diminta-bersiap-unk.jpg

Akhir-akhir ini salah satu isu nasional yg sedang ‘ramai’ diperbincangkan selain disahkannya UU MD3 DPR adalah perihal revolusi industri 4.0. Maka dari itu, izinkan saya memberikan sedikit argumentasi terkait isu yang satu ini.

Tidak dapat kita pungkiri, dengan semakin canggihnya teknologi yang sedang berkembang mau tidak mau membawa perubahan yang cukup signifikan di berbagai lintas sektor kehidupan. Salah satu bahasan yang cukup menarik yakni terkait hubungan revolusi industri 4.0 dengan sistem pendidikan di Indonesia, sesuai arahan MENRISTEKDIKTI terkait dampak industri 4.0 yakni dengan adanya ‘digitalisasi sistem’, mau tidak mau menuntut baik para dosen maupun mahasiswa untuk mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sistem pembelajaran yang semula berbasis pada tatap muka secara langsung di kelas, bukan tidak mungkin akan dapat digantikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasikan melalui jaringan internet (online learning). Adanya perubahan tersebut juga memiliki analisis risk-benefit, di mana keuntungan yang bisa didapatkan antara lain mahasiswa tetap bisa belajar dan tetap bisa mengakses materi pembelajaran tanpa harus hadir di kelas, hal ini pun menjadi keuntungan tersendiri bagi siswa yang mengalami kendala dalam hal jarak dan finansial.

Lain hal dengan keuntungan, adapun masalah yang dapat muncul terkait dengan hal tersebut adalah dituntutnya peran PTN/PTS untuk berhasil mencetak lulusan yang mampu bersaing baik dalam skala nasional maupun internasional dengan adanya perubahan tersebut, terlepas dari siap atau tidaknya sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang perubahan yang ada. Sebagai contoh suatu gebrakan baru yang dilakukan 2 universitas terkemuka dunia (Harvard dan MIT) terkait kesiapan menghadapi revolusi industri 4.0 yakni dengan membuat suatu portal khusus yang menyediakan perkuliahan online learning secara gratis dan dapat diakses oleh siapapun, bukan tidak mungkin kini mimpi untuk menimba ilmu dari pengajar berkualitas dari dua kampus terkemuka dunia tersebut saat ini bukan menjadi suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan.

[Penulis: Ihsanti Dwi Rahayu, S. Farm., Apt, Departemen AKPRO]


  • 0

KUNJUNGAN BADAN PENGURUS HARIAN KAMIL PASCASARJANA ITB DI KAMIL MENGAJAR

Category : Agenda Kamil , Eksternal , News

 

View post on imgur.com

Telah dilaksanakan kunjungan Badan Pengurus Harian (BPH) KAMIL Pascasarjana ITB 2018 pada hari Ahad, 11 Februari 2018, yang diselenggarakan di Panti Mitra Muslim Bandung, jalan Linggar Rimbun no. 2, rt 03 rw 05, Cibeunying Bandung. KAMIL Mengajar merupakan salah satu program kerja departemen Eksternal berupa kegiatan mengajar di panti asuhan Mitra Muslim Bandung. Kunjungan ini merupakan kegiatan silaturrahim kepada pihak panti dengan tujuan memperkenalkan Badan Pengurus Harian baru KAMIL pascasarjana ITB 2018. Selain kegiatan silaturrahim, acara ini dimaksudkan sebagai pemberitahuan  bahwa kegiatan KAMIL Mengajar bernaung di bawah Badan Pengurus Harian yang baru.

Kegiatan ini mencakup beberapa hal, yakni acara diisi dengan perkenalan dari pihak BPH KAMIL Pascasarjana ITB 2018, anak-anak panti, dan para volunteer KAMIL mengajar. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan informasi terkait panti asuhan Mitra Muslim oleh perwakilan pengurus panti, yang meliputi kondisi panti asuhan Mitra Muslim saat ini, kegiatan rutin yang diselenggarakan, kondisi latar belakang keluarga, dan jumlah adik-adik Mitra Muslim (21 siswa yang masih belajar di bangku SD, SMP, dan SMA).

[Penulis: Departemen EKSTERNAL]


  • 0

RAKER DAN SARASEHAN KAMIL 2018 : FONDASI PENTING PERJALANAN SATU TAHUN KEPENGURUSAN KAMIL.

View post on imgur.com

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” Surat As-Saff Ayat 4.

Bandung- KAMIL Pascasarjana ITB 2018 telah menggelar rangkaian kegiatan Raker dan Sarasehan pada Sabtu (10/2) di Mesjid Maaimmaskuub, PDAM Bandung. Kegiatan ini untuk memperkenalkan Badan Pengurus Harian (BPH) yang baru sekaligus pemaparan program kerja tiap departmen. Ketua MPO, Decky Ferdiansyah, S.Farm., Apt, menyebutkan bahwa ini adalah amanah dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang rutin dilaksanakan minimal sekali setiap tahun dan bertindak sebagai fondasi yang penting untuk memulai perjalanan satu tahun kepengurusan kamil. “Pencapaian sukses organisasi selalu dimulai dari langkah pertama berupa perencanaan dan komitmen bersama,” ucap bung Decky.
Kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB, diawali dengan sambutan oleh Ketua KAMIL Pascasarjana ITB 2018, Reka Ardi Prayoga, S.T dan dihadiri sekitar 80 orang anggota KAMIL Pascasarjana ITB 2018. Dalam paparannya tentang kebijakan umum organisasi, Reka memperkenalkan “KAMIL at-Thalib Rabbani, Lc” sebagai haluan dakwah yang akan diikuti selama satu tahun kepengurusan. “Lc, Leading dan Caring, adalah visi yang harus dimiliki setiap anggota kamil agar dapat mewujudkan kampus ITB dan Indonesia yang madani,” tutur Reka. Dalam kegiatan tersebut turut juga hadir Pembina KAMIL Pascasarjana ITB, Ibu Dewi Larasati ZR, Ph.D serta ketua BMK Salman ITB, Luthfi Maula.
Agenda pemaparan program kerja tujuh departemen oleh masing-masing kepala dan sekertaris departemen ditanggapi antusias oleh peserta. Pertanyaan dan saran secara bergiliran disampaikan, baik itu dari anggota kamil maupun alumni dengan harapan pelaksanaan program kerja selama satu tahun kedepan dapat bersinergi dengan visi dan cita-cita kepengurusan KAMIL Pascasarjana ITB 2018. Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sarasehan berupa games dari tim PPSDM yang bertujuan untuk mengeratkan ukhuwah antara sesama anggota KAMIL. “Alhamdulillah, peserta sangat antusias mengikuti acara RAKER ini sampai akhir karena terbantu dengan sub acara Sarasehan yang cukup rileks & menyenangkan”, ujar Dimas Jalaluddin, penanggung jawab kegiatan ini.
Kegiatan Raker dan Sarasehan ini ditutup dengan pengesahan program kerja dan pelantikan badan pengurus harian KAMIL Pascasarjana ITB 2018. Ikrar pengurus KAMIL dibacakan oleh Reka dan diikuti oleh semua peserta sambil berdiri dan bepegangan tangan. Semangat mengemban amanan serta desah haru yang menyatu dengan pekikan Takbir, nampak di seluruh anggota KAMIL yang hadir saat itu.

[penulis: Rahmat Hidayah, Departemen MEDIA]