Belajar Website Lewat Sekolah Media 2 (SM#2 Kamil ITB)

  • 0

Belajar Website Lewat Sekolah Media 2 (SM#2 Kamil ITB)

Category : Media

View post on imgur.com

BANDUNG – 7 April 2018, Setelah Melaksanakan Sekolah Media 1 pada bulan Maret, pada pekan pertama bulan April ini Departemen Media KAMIL 2018 kembali mengadakan agenda kedua. Tema yang diusung pada Sekolah Media 2 ini adalah Pengolahan Website. Sekolah Media 2 dilaksanakan pukul 08.00-12.00 bertempat di GSS E Masjid Salman ITB.

Dihadiri oleh perwakilan dari  setiap departemen KAMIL, Sekolah Media 2 bertujuan untuk menambah khasanah terkait pengolahan website bagi peserta. Harapan selanjutnya adalah adanya rasa memiliki website KAMIL bagi semua anggota kepengurusan KAMIL 2018 sehingga setiap anggota dapat turut aktif meramaikan postingan dalam website KAMIL.

Pemateri Sekolah Media 2 yaitu Mohamad Hasan, mahasiswa pascasarjana Teknik Informatika ITB 2016 yang telah memiliki pengalaman dalam bidang pengolahan website. Materi yang disampaikan pada even kali ini mencakup pengetahuan umum tentang website,  CMS dan jenisnya, serta wordpress.

Materi diawali dengan mempelajari tentang pengertian website dan CMS serta bagaimana memperolehnya. Peserta kemudian diajak langsung belajar membuat website berbasis wordpress. Peserta dikenalkan bagaimana membuat wordpress secara offline sehingga selama pembuatannya tidak perlu langsung online ketika membuat sebuah postingan. Pengenalan local hosting berupa XAMPP diperlukan sebagai local server pada komputer.  Selain XAMPP, komputer dengan basis windows dapat pula menggunakan local server berupa WAMP.

Penginstallan XAMPP dilanjutkan dengan penambahan folder wordpress yang telah didownload dari situs resmi wordpress.org. Setelah instalasi semua program siap, pengaksesan local server dapat dilakukan melalui web browser dengan domain localhost/wordpress/ dan dilanjutkan mengatur site yang akan dibuat.

Sebelum membuat sebuah konten, peserta diajak belajar apakah perbedaan page dan post. Page merupakan halaman yang digunakan sebagai tempat rujukan internal link dari post. Peserta selanjutnya  belajar membuat sebuah postingan yang dimasukkan dalam localhost masing-masing peserta. Untuk mempermudah pengaturan, pembuatan postingan dapat menggunakan bahasa pemrograman php dan atau MySQL sesuai yang diterapkan pada wordpress.

Damara Saputra Siregar, salah satu peserta Sekolah Media 2 mengungkapkan bahwa pengenalan website ini sangat baik dan sangat bermanfaat terutama pada era digital saat ini. Selanjutnya, diharapkan dapat diadakan secara rutin pelatihan-pelatihan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan terutama dalam bidan IT. (CelandineFlow)

                                                                             Penulis : Aufa Maulida Fitrianingrum

Reference
Wordpress : www.wordpress.org

XAMPP : https://www.apachefriends.org/


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

May 2018
M T W T F S S
« Apr    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com