Abdullah bin Umar ra.

0

Nasab

Ciri Fisik

  • Berperawakan baik
  • Tubuhnya padat berisi
  • Tidak terlalu tinggi dan tidak pula pendek
  • Kulitnya berwarna gelap dan janggutnya disemir
  • Jika berpakaian, maka beliau senang memakai ‘imamah berwarna hitam, dan ujung jubahnya sampai pertengahan betisnya

Pertemuan dengan Rasulullah SAW

Suka meniru Rasulullah SAW 🡪 Abdullah bin Umar sehari-hari banyak menghabiskan waktu di masjid Nabawi, dan banyak merekam banyak hal baik dari Rasulullah SAW

Banyak meriwayatkan hadits 🡪 Abdullah bin Umar rajin bermajelis bersama Rasulullah dan sahabat senior lainnya. Dari kesungguhannya, beliau telah menjaga dan mengajarkan 2630 hadits Rasulullah SAW.

Perang Uhud dan Perang Khanda 🡪 Menawarkan dirinya yang masih 14 tahun, kepada Rasulullah untuk berjuang bersama di Perang Uhud, namun ditolak. Saat perang Khandaq baru Rasulullah SAW menerima keikutsertaannya.

Pendapat Rasulullah SAW dan Para Sahabat tentang Abdullah bin Umar

  • Sabda Rasulullah SAW, “Sebaik-baik pria adalah ‘Abdullah, jika ia mendirikan qiyamullail.” (HR Bukhari No. 1121 dan Muslim No. 2479)
  • Abdullah bin Mas’ud ra berkata, “Sesungguhnya pemuda Quraisy yang paling menjaga dirinya dari fitnah dunia adalah ‘Abdullah bin ‘Umar.”
  • Jabir bin ‘Abdullah ra berkata, “Tak seorang pun dari kami yang memperoleh bagian dunia melainkan hatinya pasti memiliki kecondongan terhadapnya, kecuali Ibnu Umar.”

Menolak Menjadi Khalifah

Ibnu Umar sangat bergairah Ketika panggilan jihad berkumandang, namun ia anti kekerasan terlebih ketika yang bertikai adalah sesama golongan islam. Meskipun berulang kali diminta untuk menjadi khalifah, ia menolaknya dan berkata,

Demi Allah seandainya bisa, janganlah ada darah walau setetes pun tertumpah disebabkan karena aku.”

Saat itu, kondisi umat islam sedang terpecah  menjadi beberapa firqah dan saling mengangkat senjata. Sikap penolakan Abdullah, karena ia ingin netral di tengah kekalutan para pengikut Ali dan Muawiyah. Sikap itu diungkapkannya dengan pernyataan,

Siapa yang berkata ‘marilah salat’, akan kupenuhi. Siapa yang berkata ‘marilah menuju kebahagiaan’, akan kuturuti pula. Tetapi siapa yang mengatakan ‘marilah membunuh saudara kita seagama dan merampas hartanya, maka saya katakana: tidak!

Wafatnya

Beliau senantiasa iltizam dengan berbagai macam ibadah yang sangat banyak dan mengajarkan ilmu kepada para sahabat dan murid-muridnya, hingga ia bertemu ajalnya pada tahun 73 hijriyah dalam usia 86 tahun dan dikubur di kota Mekah, rahimahullah wa radhiya ‘anhu.

0

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>