Syiar Kamil Pascasarjana ITB Adakan Kajian Tematik Bersama Kang Abe

Foto : Kegiatan Kajian Tematik Syiar Kamil Pascasarjana ITB di Gedung Serba Guna Salman ITB (Fotografer : Dadang)

BANDUNG – Menjadi cermin yang baik, kalimat tersebut menjadi tema acara kajian Islam tematik yang diadakan oleh Departemen Syiar dan Pelayanan Kamil Pascasarjana ITB. Kajian ini diisi oleh Ustadz Nur Ihsan Jundullah, Lc  atau yang familiar dengan panggilan Kang Abe. Beliau merupakan alumni Ummul Quro’ Mekkah. Dalam materinya, Kang Abe menjelaskan tentang sirah nabawiyah nabi Muhammad SAW yang hijrah ke Gua Tsur bersama Abu Bakar. Selain itu Kang Abe juga menyampaikan tentang hubungan konsep integritas dalam Islam yang terdiri dari tiga komponen yakni akhlaq, ibadah dan aqidah. Dalam materinya ketiga komponen ini dianalogikan dengan sebatang pohon yang mana aqidah itu sebagai akar pohon yang mencerminkan pola pikir manusia, ibadah itu sebagai batang pohon yang mencerminkan pola perilaku manusia dan akhlaq itu sebagai daun yang mencerminkan pola sikap manusia.

Acara ini diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Salman ITB pada Selasa, 26 September 2017 yang dihadiri kurang lebih 118 peserta yang merupakan mahasiswa ITB dan umum. Hablul Barri atau yang biasa dipanggil Cak Barri ini, Mahasiswa Pascasarjana ITB Jurusan Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Teknik Industri, yang merupakan koordinator acara ini mengungkapkan bahwa tujuan acara ini sebagai penyeimbang antara kehidupan dunia kampus dengan agama bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana ITB. ”Mahasiswa diharapkan dapat mencontoh ilmuan-ilmuan muslim terdahulu seperti Imam Aljazari, Ibnu Sina, Alkhawarizmi dan lain sebagainya,” ungkap Barri. “Jadi bukan hanya sainteknya yang di tonjolkan tapi aqidah dan akhlaq juga harus seimbang, kebetulan sekarang lagi momentum tahun baru Hijriah jadi peserta diharapkan dapat memulai hidup yang lebih positif kedepannya dan bisa menularkan ke teman-teman di sekitarnya dan lingkungannya,” tambah Barri. La Ode Hilman Kurnia, mahasiswa Pascasarjana ITB jurusan Rekaya Tambang Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan yang merupakan peserta acara ini mengungkapkan bahwa materi acaranya bermanfaat sekali. Sesuai dengan kebutuhan sekarang. “Semoga Kamil sering sering lagi bikin acara seperti ini,” ungkap Hilman.

Penulis: Damara

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>