RIBA, 1 JAM DANA CAIR, JAMINAN SIKSA NERAKA

  • 0

RIBA, 1 JAM DANA CAIR, JAMINAN SIKSA NERAKA

Category : Fundraising , Home

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama.”(HR. Muslim no. 1598)

Riba merupakan salah satu dosa besar dalam Islam dengan peringatan dan ancaman yang tidak main-main bagi pelakunya. Namun di era ekonomi kapitalis-liberalis, pasar bebas, serta perdagangan modern seperti saat ini, praktik Riba sudah bukan suatu hal yang tabu untuk dilakukan oleh pelaku kegiatan ekonomi. Sehingga sangatlah mungkin transaksi-transaksi yang kita lakukan bisa mengandung Riba, baik yang terselubung maupun yang terang-terangan.

Dengan dilatarbelakangi permasalahan ini, Talkshow Muamalah Syariah dihadirkan oleh KAMIL Pascasarjana ITB sebagai bentuk kesadaran akan bahayanya Riba dan keharusan kita untuk mengenalinya serta menjauhinya. Diselengarakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 di Masjid Maimmaskuub PDAM Tirtawening kota Bandung, Talkshow ini menghadirkan Kang Teja Suar, Founder dari gerakan Pengusaha Hijrah, dengan mengusung tema “Riba di Zaman Modern Kenali dan Jauhi”.

Talkshow ini memaparkan beberapa pokok bahasan penting mengenai Riba, definisi daasr dan daar dan Hukum-Hukum nya dalam Islam berdasarkan Dalil yang Shahih dari Al-Qur’an dan Hadist. Namun tidak hanya memaparkan hal-hal fundamental mengenai Riba, namun pemateri juga memaparkan bagaimana Riba dalam catatan sejarah, bagaimana Riba dikenal dari zaman fir’aun sampai kemudian sampai ke bangsa arab. Pemateri juga memaparkan bagaimana contoh-contoh kasus Riba dalam kegiatan ekonomi dan transaksi kita sehari-hari, mulai dari kegiatan Bisnis Jual – Beli, Hutang piutang, serta Pinjaman. Tak lupa juga dipaparkan kasus-kasus yang sesuai dengan kondisi teknologi transaksi dan model bisnis modern zaman sekarang.


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

November 2019
M T W T F S S
« Oct    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com