RANTAI MARKOV

Rantai Markov

Statistika dan matematika adalah ilmu dasar yang aplikasinya banyak digunakan pada bidang ilmu lain. Salah satu yang dipelajari pada kedua bidang ilmu ini adalah Rantai Markov. Pada tulisan ini akan sedikit dipaparkan definisi dan aplikasi Rantai Markov pada Google.

Definisi Rantai Markov

Rantai markov ditemukan oleh A.A. Markov, seorang matematikawan asal Rusia, pada awal 1900an. Rantai Markov  adalah sebuah proses stokastik yang digunakan untuk memodelkan atau memprediksi behaviour sebuah sistem yang bergerak dari suatu state i ke state j lain yang pergerakannya hanya bergantung kepada state i. Diasumsikan saat sistem ada pada state i terdapat probabilitas  bahwa sistem selanjutnya akan berada pada state j, yaitu

 

Aplikasi Rantai Markov

Banyak sekali aplikasi dari Rantai Markov diantaranya di bidang fisika, biologi, ekonomi, teknik. Tapi mungkin yang paling menarik adalah aplikasi Rantai Markov pada web search engine, Google.

Siapa yang tidak tahu dengan Google?

Web search engine ini ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih menjadi mahasiswa PhD di Stanford University, California pada Januari 1996. Google berdiri pada 4 September 1998. Nama Google merupakan pelesetan dari kata Googol yang berarti 10 pangkat 100 untuk menunjukkan bahwa di Google ada banyak sekali informasi yang hampir “tak terhitung” banyaknya.

Saat ini terdapat beberapa situs pencarian selain Google, yaitu Bing, Yahoo, Ask.com, Chacha.com dan lainnya. Akan tetapi sampai saat ini Google masih berada di urutan teratas situs pencarian yang sering digunakan. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana Google bisa melakukannya?

Berdasarkan “Atherton, Rebecca. A Look at Markov Chains and Their Use in Google. Iowa State University. 2005. 16-21.” Google menggunakan sebuah program yang disebut PageRank untuk memprioritaskan pages found dalam sebuah pencarian. Saat pemrioritasan inilah Rantai Markov digunakan. Untuk keterangan lebih lanjut bisa diperoleh pada paper diatas.

 

Referensi :

Atherton, Rebecca. A Look at Markov Chains and Their Use in Google. Iowa State University. 2005. 16-21.

Ross, Sheldon. Introduction to Probability Models, 10th Edition. Elsevier. 2010.

https://mobile.facebook.com/the.fajars.penemu/posts/326772510743712?refsrc=http%3A%2F%2Fm.facebook.com%2Fthe.fajars.penemu%2Fposts%326772510743712&_rdr

www.kamusilmiah.com/it/mesin-pencari-canggih-selain-google/

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>