Menjadi Pendamping Sehidup Sesurga

  • 0

Menjadi Pendamping Sehidup Sesurga

Notulensi Cakrawala 2, Oleh Dept. Kemuslimahan Kamil “Menjadi Pendamping Sehidup Sesurga” bersama Teh Patra (Yuria Pratiwhi Cleoparta)


Yuria Pratiwhi Cleoparta dapat disapa dengan Teh Patra, merupakan seorang penulis buku “Keluarga Muslim : Cerdas Finansial”, ketua ITB Motherhood dan pembina Sekolah Tahfidz Quran. Dalam kesempatan pada Cakrawala beliau memaparkan kiat-kiat menjadi pendamping sehidup sesurga. Muslimah, tidakah menyempurnakan separuh agama menjadi dambaan kisah hidup di dunia? Tapi ternyata membangun rumah tangga tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebelum berandai-andai dipertemukan jodoh yang sholeh nan rupawan atau barangkali bergegas melamarkan diri untuk ta’aruf, mari kita uraikan bagaimana sih caranya menjadi pendamping yang tak hanya berjodoh di dunia tapi InsyaAllah berjalan bersama menuju Jannah.

Wanita dalam Keluarga

Bagaimana sesungguhnya Islam menempatkan perempuan dalam keluarga?. Khadijah Radhiyallahu’anha mengajarkan pada kita, ketika Rasulullah berada di dekat Khadijah hati beliau menjadi tentram. Khadijah senantiasa menghibur dan menenangkan suaminya juga memberi solusi hingga masalah Rasul terselesaikan. Berdasarkan hal tersebut kita dapat mempelajari peran istri terhadap suami tidak hanya sebatas menjadi pelayan suami, lebih dari itu istri dapat menjadi teman diskusi.

Calon Suami yang Baik

Tujuan untuk menjadi pendamping sehidup sesurga tentu tak bisa hanya diusahakan seorang diri, sebagai pasangan maka tujuan mulia ini akan lebih mudah untuk direalisasikan kala pasangan memiliki visi serupa. Oleh karena itu, memilih calon suami yang baik menjadi penting. Seperti apa sih kriteria suami yang baik?,

  1. Akhlak mulia, diantaranya ialah santun dan tidak banyak pencitraan. Usaha untuk mendapatkan pendamping yang berakhlak mulia dapat dimulai dengan memperbaiki akhlak diri sendiri.
  2. Pekerja keras, ikhwan kelak akan menjadi penopang keluarga, maka harus bertanggung jawab penuh atas istri dan keluarganya
  3. Bukan hamba dunia. Pilihlah ia yang senantiasa memperhatikan akhirat, peduli dengan Rabb nya maka ia juga akan peduli dengan istrinya.

Alasan Menikahi Wanita

Seorang wanita dipilih untuk dinikahi sebab perkara 4 hal, yakni harta, keturunan, paras dan agamanya. Laki-laki dianjurkan untuk menikahi wanita karena ketaatanya dalam bergama. Seorang laki-laki yang baik tentunya akan mengikuti anjuran tersebut.

Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung.”

Pendamping Sehidup Sesurga

Jadi, bagaimana caranya untuk menjadi pendamping sehidup sesurga?, muslimah berikut adalah kiat yang dapat dilakukan saat telah memiliki pasangan hidup.

  1. Istri harus menjadi support system kesuksesan (dunia & akhirat) suami, caranya yakni dengan menjadi pendukung pertama dan utama dalam keimanan, finansial serta psikologi.
  2. Mengerti bahwa kesuksesan istri dilihat dari kesuksesan suaminya sehingga istri akan berusaha membantu dan senang dengan kesuksesan dari suaminya.
  3. Suami dan istri harus dapat menjadi satu tim yang kompak dengan porsi masing-masing untuk mencapai visi hidup dan pernikahan bersama.

Siap untuk menjadi pendamping di dunia dan akhirat?

Narasumber : Teh Patra (Yuria Pratiwhi Cleoparta)
Penulis : Dzakkiyah
Editor : Wuddan Nadhirah Rodiana dengan sedikit perubahan oleh Mentari Kasih


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

June 2020
M T W T F S S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com