Membangkitkan Kembali Semangat Dakwah Melalui LPJ Tengah Tahun Kamil Pascasarjana ITB 2017

Penyampaian LPJ Oleh Masing-masing Departemen

BANDUNG – Kepengurusan Kamil Pascasarjana ITB 2017 telah memasuki masa tengah tahun. Hal ini ditandai dengan diadakannya LPJ TT (Laporan Pertanggung Jawaban Tengah Tahun) pada Ahad, 10 September 2017 di Masjid Al-Istiqlal, Sekeloa, Kota Bandung yang dihadiri oleh pengurus Kamil Periode 2017. Pelaporan LPJ dilakukan oleh masing-masing Ketua Departemen atau yang mewakili.

Pelaporan LPJ dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan kata sambutan oleh Faruq, Ketua Umum Kamil Pascasarjana ITB 2017. Kemudian dilanjutkan dengan pelaporan oleh masing-masing departemen yaitu Departemen Akpro (Akademik dan Profesi), Annisa, Eksternal, Fundraising (FR), Media, PPSDM (Pembinaan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) serta Departemen Syiar dan Pelayanan mengenai progres kegiatan dan kondisi terkini dari masing-masing departemen. LPJ ini bersifat sharing, sehingga setiap peserta LPJ dipersilakan untuk memberikan pertanyaan, tanggapan maupun saran terkait pelaporan. Hal ini berguna sebagai bentuk evaluasi dan sarana pengembangan selanjutnya. 

Seperti yang diutarakan Faruq, “Selain momen silaturahmi pengurus pada perhelatan Laporan Pertanggung Jawaban Tengah Tahun Kamil Pascasarjana ITB, agenda ini juga bagian dari bentuk kepedulian anggota terhadap organisasi ini. Kenapa? karena melalui LPJ ini para anggota mengetahui proker dan progress dari setiap departemen, dan karenanya kritik, saran dan solusi akan keluar dari pengurus yang hadir. Dengan ini, perbaikan untuk kepengurusan akan menjadi lebih terasa.”

Selain anggota Kamil, juga hadir Ketua Umum Kamil Pascasarjana ITB periode 2016, Firdha Cahya Alam atau yang akrab disapa Alam. Beliau hadir sebagai undangan sekaligus memberikan taujih di hadapan peserta LPJ. “Ada tiga tahapan dalam konsolidasi secara berjamaah. Motivasi, orientasi dan integrasi. Ketika melihat sungai, terdapat air yang mengalir dan bebatuan disana. Mereka berbeda, tetapi tetap bisa berkonsolidasi dalam suatu eksositem. Seperti halnya setiap individu memiliki peran masing-masing, sekecil apapun perannya, tetaplah bersinergis, karena kita tidak tahu peran mana yang paling mulia di hadapan Allah SWT. Begitu pula hendaknya di Kamil.” ucap Alam dalam petikan taujihnya.

Selama penyampaian LPJ, diselipkan kata-kata motivasi yang dapat dijadikan bahan renungan bagi para pengurus Kamil agar lebih semangat dalam menjalankan amanah serta memprioritaskan tujuan dakwah. "Saya yakin bahwa setiap pengurus KAMIL Pascasarjana ITB mempunyai pengalaman dan kemampuan yang berbeda. Perbedaan ini menjadi sumber daya sendiri untuk perbaikan Kamil kedepannya dan Kamil menjadi tempat untuk bereksplorasi lebih, dengan kultur kekeluargaannya.” tambah Faruq.

Sebagai ketua umum Kamil periode sebelumnya, Alam menyampaikan bahwa LPJ Tengah Tahun itu momen yang tepat untuk refleksi perjalanan satu semester ke belakang, evaluasi apa yang kurang, dan menguatkan kembali barisan untuk berjuang bersama. Semangat menjalani sisa akhir kepengurusan. “Kamil tahun ini harus makin solid, makin bermanfaat, dan makin terdengar di setiap penjuru kampus ITB.” tutupnya.

Penulis: Mutiara

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>