Ramadhan itu Bulannya …..?

Paling tidak ada tiga hal yang dapat kita pahami tentang bulan Ramadhan berdasarkan surah Al Baqarah dari ayat 183 – 187.

1. Ramadhan itu bulannya kita berpuasa

Kalau yang ini mah…. semua orang juga pada tau, bahwa pada bulan ramadhan itu, orang – orang yang beriman, sekali harus digaris bawahi orang – orang yang beriman, diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah puasa. Allah menyeru kepada hamba – hamba-Nya yang beriman untuk berpuasa pada ayat 183 :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Jadi sob ….., kalau kalau kita melihat ada orang yang tidak berhalangan (tidak memiliki udzur) tapi tidak berpuasa di bulan Ramadhan, mungkin dia belum mendengar seruan Allah atau mungkin dia belum beriman.

2. Ramadhan itu bulannya Al Quran

Kalau ini juga mungkin banyak orang yang tau…, buktinya di mesjid – mesjid kalau udah memasuki tanggal 17 Ramadhan sering diadakan acara peringatan Nuzulul Quran. Ya memang benar, Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran yang merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Allah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185 :

“ bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”.

Bagi manusia, Al Quran itu seperti “manual book” kehidupan, coba kita bayangkan andaikan kita membeli sebuah peralatan elektronik tapi cara penggunaannya tidak sesuai dengan manual book, misalnya untuk mematikan alat elektronik tersebut seharusnya dengan memencet tombol A, tapi karena kita tidak mau mengikuti manual book, ketika kita hendak mematikannya, alat elektronik tersebut kita siram air……, wkwkwkwkwkwk…. mungkin tiga hari kemudian alat tersebut udah gak bisa dipakai lagi.

So …. Apalagi yang ditunggu sobat, perbanyaklah interaksi kita dengan Al Quran, baik dengan membacanya, menghafalnya, mengkaji dan mendalaminya serta menjadikannya sebagai pedoman hidup kita, jangan sampai kita menjadikan Al Quran itu sebagai sesuatu yang “mahjura”, atau diterjemahkan menjadi ‘diabaikan’.

“Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Alquran ini mahjura”. (QS. Al-Furqan: 30).

3. Ramadhan itu bulannya Doa

Kalau yang ketiga ini mungkin banyak yang belum ngeh…, karena memang ayat yang menjelaskan tentang doa rada – rada “nyempil” di antara ayat – ayat tentang puasa , yaitu pada ayat 186 dari surah Al Baqarah

“Dan apabila para hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Apa hikmahnya ayat tentang doa ini berada di antara ayat – ayat tentang puasa? Mungkin hikmahnya adalah di bulan yang penuh keberkahan ini Allah menginginkan kita untuk banyak berdoa dan meminta hanya kepada-Nya, bukankah doa itu adalah intinya ibadah dan hakikat dari penghambaan kita kepada Allah?

Jadi ….. perbanyaklah doa di bulan yang mulia ini, doa untuk keselamatan diri kita, agama kita, keluarga kita, masyarakat dan negara kita serta doa untuk calon jodoh kita … hehehehe (khusus yg masih jomblo) ^_^

Salam Cinta dari KAMIL Pascasarjana ITB…. Semoga bermanfaat

#oleh Azrul Azwar, dari berbagai sumber

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>