Kamil Motivation Day 2016

img_5642 img_5636 img_5377 img_5292

Hari Minggu 2 Oktober 2016, Departemen Eksternal KAMIL ITB bersama relawan KAMIL mengajar mengadakan acara KAMIL motivation day yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada adik-adik yayasan mitra muslim dan untuk meningkatkan kedekatan antara relawan pengajar dan adik-adik asuh. Acara outbond dan games dimulai jam 8 pagi hingga jam 12 siang kemudian dilanjutkan dengan penilaian kepribadian menggunakan kuesioner MBTI. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 orang yang terdiri dari pengurus KAMIL, adik-adik asuh, relawan pengajar KAMIL dan anggota departemen eksternal KAMIL.

Terdapat 6 games yang disediakan oleh panitia, meliputi : folding carpet, spider web, blind walk, atomic bomb, log line, dan secret steps. Folding carpet dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik yang ukurannya 1 meter persegi untuk 6-10 orang. Tujuannya adalah untuk melatih kerjasama dan kreativitas tim. Spider web dimainkan oleh seluruh peserta yang harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain. Target yang ingin dicapai adalah kemampuan team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas, dan kedisiplinan. Blind walk bertujuan untuk melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup (kecuali ketua kelompok) mengikuti jalur yang sudah dibuat. Atomic bomb bertujuan untuk melatih kerjasama kelompok menuju satu tujuan dengan selamat, membentuk sikap pemimpin yang jeli dan jujur, dan melatih ketelitian dalam berkomunikasi. Permainan ini dimainkan di luar ruang menggunakan sebuah balok kayu yang dibuat sedemikian rupa agar tidak bergerak dimana peserta diminta untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya diatas balok tersebut. Tujuan dari permainan tersebut adalah untuk melatih kreativitas dan kejelian dalam melihat peluang. Permainan terakhir yaitu secret steps bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang dalam mengingat pola. Keenam games tersebut diharapkan dapat mempererat hubungan antara relawan pengajar, pengurus KAMIL dan adik-adik asuh.

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>