Kajian Cakrawala Annisa Kamil Pascasarjana ITB Bersama Teh Patra

Foto : Kegiatan Cakrawala “Be a Good Wife and Mom” Annisa Kamil Pascasarjana ITB
di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB

Bandung – Melihat potret generasi masa kini yang kian mengarah kepada bentuk negatif dari kenakalan remaja, menjadi kekhawatiran tersendiri dalam masyarakat secara luas. Sejatinya, pembentuk karakter utama generasi muda berawal dari keluarga—dari orang tua. Sudah barang tentu peran orang tua berpengaruh besar dalam kualitas generasi yang dihasilkan. Oleh karenanya, pengetahuan bagi orang tua tentang bagaimana mendidik anak yang baik dewasa ini sangat dibutuhkan. Berbagai bentuk edukasi ‘parenting skill’ dirasa perlu untuk dikaji dan dipelajari, bukan hanya bagi mereka yang telah menyandang gelar ibu, namun juga wanita secara umum sebagai bekal ilmu.

Departemen Annisa Kamil Pascasarjana ITB melalui program Cakrawala, mengadakan kajian parenting dan manajemen keluarga bertajuk “Be a Good Wife and Mom” pada Jumat, 20 Oktober 2017. Menghadirkan pembicara Yuria Pratiwi Cleopatra, ST, M.Si atau yang lebih akrab disapa teh Patra, penulis buku Keluarga Muslim Cerdas Finansial, yang masih seorang alumni ITB. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Salman ITB, acara ini dihadiri oleh sekitar 127 peserta dari berbagai kalangan, tidak hanya mahasiswa ITB, melainkan juga mahasiswa universitas lain maupun umum.

Pada kesempatan ini, teh Patra menyampaikan materi seputar edukasi efektif kepada anak mengenai pengenalan, pelatihan dan pembiasaan perilaku apa saja yang harus ditanamkan sejak dini, pentingnya pemahaman terhadap perbedaan keinginan dan kebutuhan anak, serta aspek-aspek yang perlu diperhatikan orang tua dalam mendidik anak. Teh Patra juga menyampaikan pola mendidik anak menurut al Quran. Beliau menjelaskan setiap poin penting yang perlu ditanamkan dan diajarkan kepada anak dalam QS. Lukman ayat 12-19, yaitu syukur, tauhid, berbakti kepada orang tua, konsekuensi perbuatan, ibadah dan akhlaq. Di bagian akhir kemudian teh Patra menjelaskan pula bagaimana mempersiapkan bekal diri untuk menjadi seorang istri dan ibu yang baik, meliputi keimanan yang kokoh, kesiapan ilmu serta fisik yang kuat.

Acara ini kemudian diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada teh Patra sebagai pemateri oleh ketua departemen Annisa, teh Wahidah, dan pembagian doorprize kepada peserta dengan kategori peserta tercepat hadir, terbaik posting foto terkait acara di instagram dan penanya terbaik.

Penulis : L. Annake Harijadi Noor

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>