IELTS CLUB AKPRO (ICA): Belajar IELTS bersama Kamil

DSC_0184

oleh Andi Muhammad Nur Putra

Bandung Banyak universitas (terutama di luar negeri) dan perusahaan yang menyertakan IELTS sebagai syarat wajib untuk bergabung dengan mereka. Alasannya adalah karena bahasa ibu kita bukan bahasa Inggris, sehingga mereka perlu memastikan apakah kita memiliki kemampuan yang diperlukan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, khususnya dalam konteks Akademis. Alasan tersebut mendasari munculnya ide diadakannya IELTS CLUB AKPRO (ICA) yang berlangsung Ahad (15/03).

ICA (IELTS CLUB AKPRO) merupakan salah satu program kerja Biro Akademik dan Profesi (AKPRO) Kamil Pascasarjana ITB. ICA yang diperuntukkan bagi pengurus Kamil terdiri dari empat departemen (Departemen Syiar, Departemen Humed, Departemen PPSDM, dan Departemen Fund Rising) bertujuan membekali pengurus Kamil sebelum mengikuti test IELTS, meningkatkan nilai IELTS pengurus KAMIL serta mempersiapkan pengurus KAMIL untuk memenuhi persyaratan studi lanjut dan dunia kerja.

ICA direncanakan berlangsung setiap akhir pekan (hari Ahad) pukul 16.00 18.00 WIB. Di akhir pertemuan nanti akan diadakan simulasi tes IELTS oleh lembaga profesional. Materi yang akan diajarkan saat club adalah pembekalan materi IELTS, berupa writing, reading, listening, dan speaking, serta sharing tips dan trik-trik saat tes.

No.

Materi

Maret

April

Mei

15

29 12 26 10

24*

1

Overview dan Simulasi Listening

2

Writing

3

Listening

4

Speaking

5

Reading

6

Simulasi IELTS

Ranti (pemateri) yang juga merupakan salah satu pengurus di Departemen Humed menjelaskan bahwa IELTS berbeda dengan TOEFL. TOEFL yang dibuat oleh ETS (Educational Testing System) Amerika berbeda dengan IELTS yang dibuat oleh Cambridge English Language Assessment, The British Council and IDP Education yang notabene british.

Selama kegiatan berlangsung tampak antusiasme dari peserta, terlihat dari hasil Listening Simulation yang dilaksanakan dimana sebagian besar peserta mampu mengerjakan soal-soal yang diberikan. Bahkan ada beberapa orang peserta yang mampu mengerjakan hampir 70% soal walaupun sebelumnya belum pernah mengikuti tes IELTS. (and/run)

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>