How to Pass The IELTS Speaking Test

oleh Andi Muhammad Nur Putra

Bandung — Akhirnya Program IELTS Club Akpro (ICA) telah sampai pada pertemuan terakhir. Digelar disela-sela kesibukan dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Pertemuan kali ini bertemakan How to pass Speaking Test well in IELTS yang diadakan oleh Biro Akademik dan Profesi Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Institut Teknologi Bandung (10/05).

IMG_20150503_1650041-640x360

IMG_20150503_165132-640x360

IMG_20150503_1649381-640x360

 

 

 

Speaking dalam IELTS terdiri atas tiga bagian yaitu personal topics, individual long turn dan two way discussion. Waktu yang diberikan pada sesi ini adalah 14 menit untuk semua bagian tersebut. Terdapat empat kategori yang dinilai, yaitu Fluency and Coherence: kelancaran serta pembentukan dari kalimat yang satu dengan kalimat yang lain memiliki hubungan satu sama lain, Lexical Resource: Kemampuan untuk menggunakan ragam kosakata serta ungkapan dalam Bahasa Inggris, juga keterampilan paraphrase yaitu kemampuan untuk merangkai ulang kata-kata dengan kalimat yang berbeda namun menggunakan konteks dan pengertian yang sama, Grammatical Range and Accuracy: Kemampuan merangkai ragam bentuk serta struktur kalimat, yaitu merangkai kalimat tunggal, majemuk, dan kompleks tanpa masalah, dan penggunaannya tepat atau tidak berlebihan sehingga hasil percakapan terdengar alami, serta Pronunciation: kemampuan melafal kalimat dalam Bahasa Inggris, intonasi, nada, tekanan pada kata dan kalimat. Pada setiap kategori terdapat band nilai dari 0-9.

Dari Nyanyi Bareng Hingga Ngomong Cuap-Cuap

Sebagai kegiatan pembuka pada pertemuan terakhir ini Ranti (pemateri) menyuguhi peserta dengan berbagai kegiatan yang seru untuk menarik perhatian peserta serta memotifasi peserta agar bersemangat mengikuti pelatihan ini. Kegiatan berlanjut pada dimana kami (peserta) dilatih  untuk bisa berbicara dengan baik demi melewati ketiga bagian dalam sesi speaking tersebut.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan pelatihan ICA ini, akan dilakukan simulasi tes IELTS untuk mengetahui perkembangan peserta setelah mengikuti program ini. Simulasi tersebut akan dilaksanakan pada Selasa dan Kamis tanggal 19 Mei dan 21 Mei di GRATIA ILETS TRAINING SERVICE, tanpa dipungut biaya.

cp : Andi +62 823 8950

 

Photo Credits: Sofia

 

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>