Departemen Media Gelar Pelatihan Fotografi dan Sinematografi di GSS A Masjid Salman ITB

Penyampaian Materi Fotografi. Foto: Deni Dept. Media

BANDUNG – Sabtu, 20 Mei 2017, Departemen Media Kamil 2017 kembali mengadakan pelatihan untuk pengurus Kamil Pascasarjana ITB 2017. Pelatihan sebelumnya, pelatihan desain grafis, diselenggarakan pada tanggal 25 Maret 2017. Kali ini tema yang diusung adalah fotografi dan sinematografi. Pelatihan dihadiri oleh perwakilan dari tiap departemen dan anggota Departemen Media. Pelatihan dimulai pada pukul 08.30 hingga 12.00, bertempat di Gedung Sayap Selatan (GSS) A Masjid Salman ITB. Pemateri kali ini yaitu Firman Turohmi, mahasiswa Pascasarjana FSRD ITB 2016 yang telah memiliki pengalaman di bidang fotografi dan sinematografi.

Pelatihan diawali dengan pengenalan tentang spesifikasi dan bagian-bagian dari kamera yang biasa digunakan untuk fotografi. Dijelaskan tentang jenis-jenis lensa, cara pengambilan gambar dan pemateri juga memperlihatkan hasil bidikan foto sesuai dengan jenis-jenis yang disampaikan, sehingga peserta menjadi lebih mengerti masing-masing perbedaannya. Dijelaskan bahwa pada pengaturan kamera untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya didasari pada prinsip triangle, yaitu pengaturan bukaan diafragma atau aperture, shutter speed dan ISO. Ketiga komponen ini harus diatur sedemikian rupa tergantung dari tujuan foto dan kondisi di sekitar objek yang akan difoto. Misalnya pada saat pengaturan difragma kamera, semakin kecil angka yang dipilih, maka semakin besar bukaan lensa dan semakin banyak cahaya yang ditangkap. Para peserta diberi kesempatan untuk mencoba pengaturan triangle langsung pada kamera yang telah disiapkan panitia acara, sehingga dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.

Pelatihan kedua yaitu tentang sinematografi menggunakan aplikasi Adobe Premiere. Pemateri menjelaskan tentang cara mengedit video dan langsung dipraktikkan oleh para peserta. Pelatihan berakhir pada pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Departemen Media kepada pemateri.

Deni, Ketua Pelaksana pelatihan, mengungkapkan bahwa pelatihan fotografi dan sinematografi ini dilaksanakan untuk menambah ilmu dan kreativitas anggota Kamil, terutama anggota Departemen Media dan para peserta, karena ilmu yang telah didapat pada pelatihan ini dapat diaplikasian untuk publikasi kegiatan-kegiatan Kamil dalam konten yang lebih kreatif dan inovatif, “Untuk peserta yang ikut, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi ilmu tambahan guna meningkatkan kreatifitas dan pengalaman di bidang fotografi dan sinematografi, sehingga dapat menjadi nilai plus ketika akan bergabung pada organisasi apapun,” tutur mahasiswa pascasarjana ITB Fakultas STEI tersebut.

 

Penulis: Mutiara

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>