Cakrawala An-Nisa Kembali Menyapa Sahabat Muslimah di GSS A Masjid Salman ITB

Cakrawala Bersama Teh Nita di GSS A Masjid Salman ITB. Foto oleh: Dept. An-Nisa

BANDUNG – Setelah terhenti selama masa liburan perkuliahan, kajian Cakrawala (Bicara Perkara Wanita Salihah) yang dikoordinir oleh Departemen An-Nisa Kamil Pascasarjana ITB 2017, kembali diadakan dengan tema yang menarik yaitu seputar “Seks, Kehamilan dan Reproduksi Wanita”. Pembicara kali ini yaitu dr. Anita Asmara atau yang biasa dipanggil Teh Nita. Beliau sehari-hari berprofesi sebagai dokter umum dan juga aktif dalam pelbagai kegiatan. Acara Cakrawala ini dilaksanakan pada hari Jumat, 22 September 2017 di GSS A Masjid Salman ITB pada pukul 16.00 WIB. Peserta yang hadir yaitu 62 orang yang terdiri dari berbagai kampus yang ada di Bandung.

Teh Nita menyampaikan materi dengan baik dan atraktif, sehingga membuat peserta menjadi sangat antusias. “Banyak hal yang sebenarnya harus dipersiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Salah satunya adalah pre-marital check up yang biasanya dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Hal ini berfungsi sebagai langkah awal untuk mendeteksi adanya kelainan atau penyakit yang ada pada diri sendiri dan pasangan, khususnya yang berhubungan dengan organ intim,” jelas Teh Nita dalam paparan materinya. Beliau juga menyelipkan berbagai pengalaman dan kisah menarik seputar tema yang dibahas. Hal ini membuat peserta menjadi lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh Teh Nita. Materi ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Tidak hanya kajian langsung dalam Cakrawala, Departemen An-Nisa juga membuka diskusi lanjutan yang bersifat online pada hari Sabtu malam (23/09). Diskusi online ini dilakukan melalui grup WhatsApp Cyber Annisa yang diikuti 94 peserta dan diberi kesempatan untuk bertanya melalui pesan pribadi kepada moderator. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab dan dijelaskan langsung oleh Teh Nita pada saat diskusi online berlangsung, yaitu pada pukul 19.15 hingga 21.00 WIB.

“Kesan acara Cakrawala seneng banget, antusiasme peserta juga oke banget. Semoga Cakrawala terus oke dan semoga istiqomah selalu,” ungkap Teh Nita.

Hal senada juga disampaikan oleh Vina, Mahasiswa MSM ITB 2017 yang baru pertama kali mengikuti Cakrawala, “Alhamdulillah, saya mendapat banyak informasi dan pengetahuan seputar seks, kehamilan dan reproduksi wanita. Karena memang di Indonesia masih jarang yang membahas hal tersebut karena masih dianggap tabu. Harapannya semoga tema Cakrawala kedepannya juga tidak kalah menariknya dengan tema kali ini.”

Wahidah, Ketua Departemen An-Nisa mengucap syukur karena Cakrawala kali ini berjalan lancar dan jumlah peserta melebihi target yang diperkirakan, “Ada dua peserta yang berbeda pada acara Cakrawala kali ini, yaitu satu muallaf dan satu lagi belum berhijab. Harapan kami dari An-Nisa khususnya, semoga melalui Cakrawala ini bisa menjadi gerbang dakwah buat saudari-saudari yang masih awam ilmu agama tetapi punya semangat belajar.” Wahidah juga menyelipkan pesan khusus untuk Departemen An-Nisa untuk tetap semangat dan kompak serta selalu siaga untuk mendapatkan kejutan-kejutan manis dari Allah SWT.

Penulis: Mutiara

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>