Bincang Adiwidya – Adiwidya 8

Adiwidya Adiwidya 8 Departemen Akpro
1+
bincang-adiwidya

Bincang Adiwidya – Adiwidya 8

Bincang Adiwidya merupakan kegiatan diskusi interaktif/resiprokal yang akan dilaksanakan sebanyak 4 kali pada bulan Agustus – September 2020 dengan melibatkan berbagai stakeholder, baik dari pemerintah, industri, masyarakat, akademisi dan komunitas dengan mengangkat isu perihal permasalahan yang ada di masyarakat beserta solusi yang sudah diterapkan dan juga metode mengolah suatu masalah menjadi sebuah solusi konkret untuk masyarakat.

Dalam kegiatan ini, peserta diskusi diharapkan dapat berbagi keresahan, informasi, dan pandangan, tidak untuk mencari solusi, namun memperkaya imaji. Turut pula mengundang pemantik-pemantik dalam setiap kegiatan diskusinya.


Tanggal Penting

Berikut adalah tanggal-tanggal penting terkait Bincang Adiwidya – Adiwidya 8
  • [8 Agustus 2020]
    Bincang #1 – Idea(k)si
  • [22 Agustus 2020]
    Bincang #2 – Ecotechnology
  • [5 September 2020]
    Bincang #3 – Green lifestyle
  • [19 September 2020]
    Bincang #4 – Smart Green City


Kegiatan Adiwidya 8

Ikuti kegiatan adiwidya lainnya.
.


Follow Instagram Adiwidya

ig-adiwidya



Bincang Adiwidya 1: Dari ide jadi aksi


Dalam menentukan solusi dari suatu masalah, seringkali dihadapkan oleh begitu banyak informasi baik yang mendukung ataupun bias akan dasar persmasalahan. Melalui topik diskusi ini, peserta diharapkan memiliki gambaran untuk mengolah informasi menjadi dasar masalah hingga mensitesis gagasan menjadi solusi.


Bincang Adiwidya 2: Caraku melihatmu berubah seiring waktu


Bincang Adiwidya 2 ini akan membahas mengenai pemanfaatan ecotechnology pada bidang terpilih yang dapat memberikan solusi berdampak langsung kepada masyarakat. Penggunaan ecotechnology pada bidang industri menjadi suatu hal yang penting dalam upaya mendukung kegiatan yang ramah lingkungan melalui teknologi. Diskusi ini akan dimulai dari bagaimana ide tersebut muncul lalu memasuki proses penggarapan ide hingga akhirnya menjadi sebuah solusi yang dapat diimplementasikan.


Bincang Adiwidya 3: Tentang memulai dan terus mengayuh


Bincang Adiwidya 3 ini akan membahas mengenai gaya hidup yang ramah lingkungan atau disebut juga Green Lifestyle. Gaya hidup ini terbentuk atas keinginan untuk menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Disini akan dibahas mengenai pengaplikasian dan tantangan yang ada dalam menerapkan Green Lifestyle dari berbagai perspektif baik dari sektor tenaga ahli, komunitas, maupun pemerintah dan perkemabgan penerapan Green Lifestyle baik di dalam dan luar negeri.


Bincang Adiwidya 4: Membangun Kota yang Lebih “Pintar” dan Tetap “Hijau”


Pengaplikasian smart city dan green city dalam sebuah konsep Smart Green City dapat menjadi suatu akselerasi dari pembangunan berkelanjutan dikarenakan adanya pemanfaatan teknologi dalam memonitor, mengelola dan mengendalikan dapat memudahkan melakukan efisiensi baik dari pengelolaan ruang hijau, sumber daya vital seperti air dan energi, dan upaya mitigasi terhadap lingkungan lainnya.

1+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *