An-Nisa Cakrawala: Pentingnya Ilmu Thaharah bagi Seorang Muslimah

BANDUNG – Departemen An-Nisa Kamil Pascasarjana kembali melaksanakan kajian rutin satu kali sebulan yang dinamakan Cakrawala (Bicara Perkara Wanita Sholeha) pada Jumat, 12 Mei 2017. Cakrawala kali ini mengusung tema “Fiqih Thaharah Muslimah” dengan pemateri yaitu Siska Hikmah, Lc yang merupakan lulusan LIPIA Jakarta. Beliau menyampaikan materi dengan jelas dan menarik sehingga membuat peserta tampak antusias menyimak kajian yang dilaksanakan di Gedung Sayap Selatan (GSS) E Masjid Salman ITB.

Suasana Cakrawala di GSS E Masjid Salman ITB. Foto oleh: Farhani Dept. Annisa

            Teh Siska terlebih dahulu menjelaskan tentang hubungan Islam dan kebersihan. Dijelaskan bahwa Allah mencintai orang yang bersuci, serta merupakan syarat ibadah dan pencegahan dari penyakit. Thaharah secara bahasa artinya adalah kebersihan dan secara istilah berarti mengangkat hadats dan menyucikan najis. Najis terdiri dari banyak jenis. Secara umum najis terdiri dari tiga bagian yaitu najis ringan seperti kencing bayi laki-laki, najis sedang seperti nanah, darah, muntah serta najis berat seperti anjing dan babi. Sebagai seorang muslim kita harus jeli melihat suatu keadaan apakah termasuk ke dalam najis atau tidak agar diri kita senantiasa suci dan dapat melakukan ibadah, seperti sholat yang mengharuskan suci dari najis maupun hadats.

            Terkait dengan tema Cakrawala kali ini yaitu thaharah bagi muslimah, Teh Siska juga menjelaskan thaharah seputar haidh dan nifas. Seorang muslimah harus bisa menjaga kebersihan dirinya, mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan selama masa haidh dan nifas serta apa yang dilakukan setelah masa haidh atau nifas berakhir. Setelah penyampaian materi, perwakilan Departemen An-Nisa memberikan kenang-kenangan dan diikuti dengan foto bersama.

 

Penulis: Mutiara

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>