Adiwidya Pascasarjana; Tonggak Kebangkitan Gerakan Pascasarjana Indonesia

بسم الله الرحمن الرحيم

Keluarga Mahasiswa Islam (KAMIL) Pascasarjana ITB telah sukses menyelenggarakan rangkaian acara berskala nasional Adiwidya Pascasarjana pada Sabtu 30 November dan Ahad 1 Desember 2013 bertempat di Auditorium Campus Center Timur dan Aula Barat ITB. Rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana ini melibatkan universitas-universitas ternama di seluruh Indonesia yang meliputi tiga acara besar, yaitu Musyawarah Nasional, Seminar Nasional, dan Lomba Esai.

20131201_080214 - Copy

Musyawarah Nasional

Musyawarah Nasional (Munas) Forum Silaturahmi Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (Forsi Himmpas) Indonesia yang diselenggarakan pada hari Sabtu 30 November 2013, merupakan yang kedua sejak dihelat di kampus Universitas Gadjah Mada setahun yang lalu oleh Himmpas UGM. Sebanyak 69 peserta dari 12 delegasi Himmpas yang tergabung dalam Forsi Himmpas Indonesia, yaitu dari IPB, UI, UNJ, UNSOED, UNS, ITS, UNESA, UNDIP, UGM, UNHAS, UPI, dan ITB turut hadir. Para delegasi Himmpas ini menyepakati untuk memantapkan rencana pelaksanaan langkah-langkah strategis dari pengembangan lembaga dakwah kampus, khususnya dalam lingkungan Pascasarjana.

Suasana Munas 2 Forsi Himmpas Indonesia

Suasana Munas 2 Forsi Himmpas Indonesia

Rangkaian acara Munas II Forsi Himpas Indonesia yang dilanjutkan dengan Mabit dan Forum Sharing Himmpas ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan yang diharapkan adalah para peserta:

  1. Mampu menumbuhkan motivasi untuk menggerakkan dakwah pascasarjana,
  2. Memahami urgensi dari peran mahasiswa muslim pascasarjana untuk kemajuan bangsa,
  3. Memahami pentingnya membangun ruhiyah dan menjaga akhlaqul karimah sebagai generasi intelektual muslim yang tangguh,
  4. Memahami arah gerak dan langkah-langkah dari dakwah pascasarjana sesuai kebutuhan dari obyek dakwah,
  5. Membangun ukhuwah dan kebersamaan dalam dakwah pascasarjana Indonesia.

Pada Munas II ini terjadi pengembalian amanah pengurus Pusat Koordinasi Nasional (Puskornas) Forsi Himmpas Indonesia dari kepengurusan setahun sebelumnya oleh Himmpas UGM yang selanjutnya diberikan kepada Kamil Pascasarjana ITB untuk periode kepengurusan 2013-2014. Sebagaimana layaknya administrator dari sebuah grup, Kamil Pascasarjana ITB diharapkan mampu mengkoordinasikan gerak langkah strategis dan mampu menguatkan eksistensi Forsi Himmpas Indonesia serta membantu upaya perintisan Himmpas di seluruh kampus di  Indonesia. Selain itu disepakati pula bahwa Munas berikutnya akan diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor.

Seminar Nasional

Rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana pada hari Ahad 1 Desember 2013 dilanjutkan dengan Seminar Nasional dan Diskusi Panel. Seminar yang bertajuk “Mahasiswa Pascasarjana sebagai Pilar Inovasi Nasional” menghadirkan tokoh-tokoh inovasi nasional seperti Prof. Andika Fajar (Perwakilan Menristek; Deputi Sumber Daya Manusia IPTEK), M.Ridwan Kamil, S.T, MUD (Walikota Bandung), Dr. Warsito Purwo Taruno, M.Eng (penemu alat tomografi kanker; ketua Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI)), Drs. Iskandar, Apt, MM (Direktur PT Biofarma), Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng (kepala Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB), dan Donny P Januardhi (Badan Standard Nasional Indonesia). Diskusi panel mengenai “Membangun Sinergisitas Ekosistem Inovasi” dipandu oleh Hary Devianto, S.T, M.Eng, Ph.D (Dosen Teknik Kimia ITB) sebagai moderator.

Ridwan Kamil sebagai perwakilan dari pemerintah mengangkat peranan regulasi pemerintah untuk mewujudkan produk inovasi berdaya saing tinggi. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi dan imajinasi antar disiplin ilmu dan keahlian untuk menciptakan produk-produk berdaya saing tinggi tetapi tetap bersandar pada kearifan lokal. Ridwan Kamil juga mengajak kepada mahasiswa pascasarjana Indonesia untuk berkolaborasi membangun Bandung ke arah yang lebih baik melalui program “Bandung Memanggil“, sebagai salah satu bukti nyata pengabdian dalam membangun Indonesia. Apakah Anda termasuk yang terpanggil?

Ridwan Kamil (Walikota Bandung) sedang menyampaikan pentingnya imajinasi dan kolaborasi

Ridwan Kamil (Walikota Bandung) sedang menyampaikan pentingnya imajinasi dan kolaborasi

Selain berilmu, jadilah orang yang berimajinasi, Indonesia lahir dari imajinasi

– Ridwan Kamil, Walikota Bandung –

Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng membahas upaya memaksimalkan ekosistem inovasi untuk meningkatkan daya saing negeri. Beliau mengingatkan bahwa sumber daya alam yang tak terbarukan semakin habis, namun Indonesia memiliki bonus demografi yang membutuhkan inovasi agar mampu mengelolanya menjadi kekuatan bangsa.

Dibutuhkan inovasi agar kehidupan tetap berlangsung dan negara ini memiliki daya saing terhadap negara lain

– Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, Kepala LPIK ITB –

Dr. Warsito Purwo Taruno mewakili pihak akademisi menjelaskan tentang hakikat dari inovasi, yaitu bagaimana membawa pengetahuan menjadi manfaat. Diskusi lalu dilanjutkan oleh Drs. Iskandar, Apt, MM yang berbicara mengenai peran industri dalam mencetak produk inovasi.

Para pembicara seminar dan moderator berfoto dengan ketua Kamil dan Ketua Panitia

Para pembicara seminar dan moderator berfoto dengan ketua Kamil dan Ketua Panitia

Lomba Esai

Lomba Esai melengkapi rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana. Lomba yang mengangkat tema “Tantangan Pascasarjana Indonesia: Refleksi Masa Kini dan Masa Depan” bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa pascasarjana terhadap permasalahan seputar kepascasarjanaan serta memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Lomba Esai yang diikuti oleh 25 peserta dari berbagai perguruan tinggi telah berhasil meloloskan empat peserta ke babak final dengan perolehan nilai yang sangat ketat. Keempat finalis mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan dewan juri yang terdiri atas Acep Iwan Saidi (Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB) dan Sandro Mihradi (Dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB) secara bergantian. Berdasarkan penilaian hasil presentasi dan tanya jawab, diputuskan bahwa pemenang lomba esai Adiwidya Pascasarjana adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 : Kustomo ( UGM – Yogyakarta ), Judul esai: “Publikasi Ilmiah Indonesia Kini dan Nanti
  2. Juara 2 : Ani Silvia ( ITB – Bandung ), Judul esai: “Active Learning dan Budaya Menulis
  3. Juara 3 : Muhammad Yusuf ( UNJ – Jakarta ), Judul esai: “Meningkatkan Produktivitas Publikasi Program Pascasarjana Melalui Marketing Public Relation
  4. Juara Harapan 1 : Fanny Novia ( ITB – Bandung ), Judul esai: “Sudahkah Kita Menghargai Ilmu?

Para finalis lomba esai mempresentasikan karya mereka

Para finalis lomba esai mempresentasikan karya mereka

Lomba esai juga dihadiri oleh wakil rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi sebagai perwakilan DIKTI dan segenap mahasiswa pascasarjana Indonesia. Acara ditutup dengan pemberian secara simbolis “gagasan mahasiswa pascasarjana untuk Indonesia” kepada perwakilan DIKTI sebagai bukti kontribusi mahasiswa pascasarjana untuk kemajuan Indonesia.

Penutup

Rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana berlangsung dengan sukses. Banyaknya delegasi Himmpas yang datang dari seluruh Indonesia menunjukkan semakin berkembangnya gerakan dakwah di kalangan pascasarjana. Amanah yang diemban Kamil Pascasarjana ITB sebagai Puskornas 2014 diharapkan mampu membawa Forsi Himmpas Indonesia menjadi sebuah lembaga tempat berkumpulnya para profesional yang secara aktif berkontribusi untuk masyarakat. Melalui rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana diharapkan dapat menjadi inspirasi pergerakan mahasiswa pascasarjana nasional yang tidak hanya dalam bidang riset dan akademik, tapi juga dapat berdampak luas terhadap kebijakan ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Salam hangat dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh perwakilan delegasi Himmpas, para pembicara, dewan juri, perwakilan lembaga eksternal, sponsor, seluruh civitas akademika ITB, panitia dan simpatisan, seluruh peserta, media, dan semua pihak yang telah menyukseskan rangkaian acara Adiwidya Pascasarjana. Semoga seluruh bantuan dan pengorbanannya mendapat balasan yang jauh lebih baik dari Allah subhanahu wata’ala. Jazaakumullahu khoiron katsiron. Tetap istiqomah, dan sampai bertemu lagi di Bogor, 2014, Insya Allah.

Panitia Adiwidya Pascasarjana ikhwan

Panitia Adiwidya Pascasarjana ikhwan

Catatan:

File presentasi para pembicara seminar nasional adiwidya pascasarjana dapat didownload di sini

Short link: http://wp.me/p3rEpE-4c

 

Comment ( 1 )

  1. / Replyyusi
    Kereeen euy... Siap2 mengemban amanah sebagai puskornas ya Kamil Pascasarjana ITB. Smga istiqomah :)

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>