Adiwidya 2014

Adiwidya 2014Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, peningkatan intensitas pembangunan infrastruktur di Indonesia yang dipastikan meningkat dalam dekade mendatang seharusnya diantisipasi secara mendalam. Salah satu hal yang menurut Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sangat penting, krusial, dan mendesak untuk diantisipasi secara sangat serius adalah kebutuhan sumberdaya manusia, khususnya bidang teknik.
Di sisi lain, SDM insinyur Indonesia dari segi kuantitas belum mencapai jumlah yang ideal. Data yang diperoleh dari Persatuan Insinyur Indonesia menyebutkan bahwa pertumbuhan sarjana teknik yang dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya lebih kecil dari tingkat kebutuhan nasional. Selain itu, pertumbuhan tambahan sarjana teknik Indonesia rendah dibandingkan dengan negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam. Jika tidak ditingkatkan, insinyur asing akan memenuhi kebutuhan jasa keinsinyuran dalam pembangunan Indonesia.
Permasalahan jumlah insinyur Indonesia hanyalah salah satu dari sekian banyak permasalahan keinsinyuran yang ada. Permasalahan keinsinyuran tersebut telah ditanggapi oleh pemerintah dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran.
Keluarga Mahasiswa Islam (KAMIL) Pascasarjana sebagai lembaga mahasiswa tingkat pascasarjana di lingkungan Institut Teknologi Bandung ingin turut serta berkontribusi dalam upaya menyukseskan pembangunan nasional dan peningkatan daya saing global melalui penyelenggaraan keinsinyuran yang handal dan professional. Kontribusi tersebut berupa penyelenggaraan kegiatan Adiwidya Pascasarjana 2014 dengan tujuan untuk mendiskusikan, merumuskan pemikiran bersama, dan memecahkan persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dengan solusi-solusi yang taktis dan efektif.

Adapun serangkaian acara Adiwidya 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2014 mendatang di Aula Barat Kampus ITB Ganesha, yaitu :

  • Sosialisasi UU No 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran | 08.00-09.30 WIB | Ir. Faizal Safa, Msc IPM (Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia)
  • Seminar Nasional Tantangan dan Strategi Implementasi Undang-Undang No 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran | 10.00-12.00 WIB | Ir. Bobby Gafur Umar, MBA (Ketua Persatuan Insinyur Indonesia), Prof. Dr. Rizal Z. Tamim (Guru Besar Fakultas Teknik SIpil dan Lingkungan ITB), Dr. Ir. Ophirtus Sumule, DEA (Asisten Deputi Jaringan Penyedia Lembaga Kemenristek dan DIKTI)
  • Kuliah Umum Peran LPDP dalam Membangun Peradaban Bangsa Indonesia yang Berdaya Saing | 13.00-15.00 WIB | Bpk. Eko Prasetyo (Direktur Utama LPDP)

Selain main event terdapat pra event berupa kompetisi fotografi, keterangan lebih lengkap dapat dilihat DI SINI.

Kuota terbatas silahkan segera daftar dengan cara :

  1. Hubungi kami di 0852-5780-2074 (Ranti), atau dengan daftar lansung ke stand kami di selasar Salman ITB
  2. Pastikan telah mengisi form http://bit.ly/adiwidya2014 untuk keperluan sertifikat

 

Terselenggara berkat kerjasama:

Diselenggarakan oleh : Institut Teknologi Bandung, KAMIL Pascasarjana ITB, FORSI HIMMPAS Indonesia, Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Disponsori oleh : PT. WIJAYA KARYA (Persero) Tbk, PT. PLN (Persero), Wardah, de’PLOT.

Media partner : BandungTV, MQTV, @infobdg, Radio Kampus ITB.

 

 

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>