About Us

KAMIL : Leading, Caring!


“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…” (QS. Ali Imran : 110)

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas , lagi Maha Mengetahui.  (QS. Al Maidah : 54).

“Kamil ini adalah sarana beramal utk setiap anggotanya dan sarana menjaga diri: menyibukkan diri dg kebaikan2 dan nasihat2 utk orang2 di sekitar kita.”

Flat Kamil

 


Organisasi ini berdiri pada tanggal 2 Sya’ban 1412 H di Bandung bertepatan dengan tanggal 22 November 1998 dengan nama Ikatan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (IMMPAS).

Kemudian mengalami perubahan nama menjadi Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (HIMMPAS) ITB dalam Sidang Istimewa IMMPAS ITB pada tanggal 7 Maret 2010 di Diklat Geologi Bandung dan disahkan oleh Kepala Lembaga Kemahasiswaan ITB pada 03 Februari 2012/ 10 Rabiul Awal 1433 H berdasarkan surat keputusan (SK) No. 01/SK/11.B01.4/2012 dengan nama Keluarga Mahasiswa Islam Pascasarjana ITB yang disingkat menjadi KAMIL PASCASARJANA ITB.

 


VISI KAMIL 2018

“Kamil Pascasarjana ITB 2018 yang Leading dan Caring, untuk mewujudkan Kampus ITB dan Indonesia yang madani.”

Leading yang dimaksud di sini adalah kondisi Kamil Pascasarjana ITB yang terdepan, juara dalam berbagai aspek terutama aspek kualitas SDMnya, kekeluargaannya, dan performa da’wahnya.

Caring yang dimaksud di sini adalah kondisi Kamil Pascasarjana ITB yang senantiasa menanamkan niat pada dirinya untuk senantiasa peduli dan melayani, bukan ingin dipedulikan dan dilayani. Memosisikan diri sebagai penyalur kebaikan-kebaikan kepada berbagai pihak, bukan sebagai penikmat balasan manusia. Beramal terus memberi kepada sekitarnya, mengharapkan balasan hanya dari Allah swt.

Mewujudkan ITB dan Indonesia yang Madani menjadi pengingat kita semua bahwa aktivitas kita di Kamil Pascasarjana ITB ini adalah suatu bagian ikhtiar kita untuk mewujudkan 2 takwah kampus: Mensuplai alumni kampus yang berafiliasi terhadap Islam dan Mengoptimalkan peran kampus untuk mentransformasi masyarakat menuju masyarakat madani. Melalui aktivitas kita semua di Kamil Pascasarjana ITB ini, diharapkan lahir intelektual-intelektual muda yang profesional dalam bidang yang digelutinya dan tetap memiliki ikatan dan keberpihakan yang tinggi (afiliasi) terhadap Islam. Merekalah pembaharu-pembaharu yang dapat melakukan perubahan-perubahan kondisi masyarakat menuju kehidupan islami hingga akhirnya terwujudlah cita-cita kebangkitan Islam.

Poin-Poin Ciri Visi

Beberapa poin ciri Kamil Pascasarjana ITB yang Leading, dan Caring, sehingga meluluskan alumni-alumninya yang akan bergelar “Lc.” (Leading – Caring). List ini diurutkan dengan alasan tertentu. Nomor 1 adalah hal yang paling menunjukkan Leading, dan berangsur-angsur kepada nomor 5 yaitu hal yang paling menunjukkan Caring.

1. Anggota Aktif Kamil Pascasarjana ITB yang menjadi teladan di manapun ia berada

2.Kamil Pascasarjana ITB yang besar

3.Pengurus yang mewariskan Sistem

4.Kamil Pascasarjana ITB sebagai Keluarga

5.Syiar yang menyeluruh dan Pelayanan yang luar biasa


Misi: Pembinaan, Keorganisasian, Pelayanan, Kontribusi

Misi Kamil Pascasarjana ITB 2018 yang dibuat ini tiada lain melainkan apa-apa yang memang sudah seharusnya dilakukan oleh Kamil Pascasarjana ITB sebagai lembaga dakwah kampus pascasarjana dengan kekhasannya: akademik, profesi. Saya menilai penjabaran misi ini tidak perlu dilakukan melainkan dengan memberikan indikator dan parameter keberhasilan yang terkait dengan poin-poin misi Kamil Pascasarjana ITB berikut.

1.Melaksanaan Pembinaan untuk Anggota Kamil Pascasarjana ITB

2.Mewujudkan Keorganisasian Kamil Pascasarjana ITB yang Profesional

3.Melayani Kebutuhan Spiritual dan Akademik Mahasiswa Pascasarjana ITB

4.Meningkatkan peran serta Kamil Pascasarjana ITB dalam agenda-agenda eksternal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

July 2018
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Email Subscription

Kamil Twitter

Address

Sekretariat
Gedung Kayu Lt. 2, Komplek Masjid Salman
Jl. Ganesha No. 7 Bandung 40132, Indonesia

Contact

phone: 0857-8286-7789
e-mail: kamil.pascasarjanaitb@gmail.com